MENGULIK "Objek Wisata Pulau Jemur"



MENGULIK.COM Riau merupakan provinsi dengan pendapatan perkapita tertinggi nomor 5 di Indonesia setelah kalimantan timur, Papua, jakarta, dan jawa timur. Kekayaan sumber daya baik itu sektor perkebunan kelapa sawit maupun sektor minyak bumi cukup menjadi bukti bahwa Riau bisa mendongkrak pendapatan negara secara umum dan Provinsi Riau secara khususnya.

Provinsi Riau terdiri dari 12 kabupaten dan kota pada saat ini. Tersebutlah sebuah kabupaten yang berada di timur laut utara Provinsi Riau yang bernama Kabupaten Rokan Hilir. Kabupaten ini berdiri pada 4 November 1999. Kabupaten yang memiliki luas 8.881,59 km2 ini ternyata memiliki sebuah hal yang menakjubkan. Tersebutlah sebuah pulau yang berada di Kabupaten Rokan Hilir ini yang bernama Pulau Jemur.
Pulau jemur adalah solusi bagi anda yang ingin melepas dahaga dan penat di akhir pekan. Untuk hanya sekedar menikmati akhir pekan bersama para sahabat dan keluarga akan lebih menarik, ditambah jika akomodasi dan fasilitas semakin diperhatikan oleh pemerintah setempat. 
Dengan tempat yang tidak berjauhan dari Negara Malaysia, pernah menjadi persoalan antara Malaysia dan Indonesia, Malaysia saat itu, agustus 2009 hendak bermaksud mengelola pulau ini sebagai tujuan wisata. Namun kepemilikan pulau jemur ada pada sertifikat tanah raja siak, permasalahan ini mereda di saat diketahui bahwa juga terdapat salah satu pulau yang bernama ‘pulau jemor’ sebagai bagian dari Kesultanan Selangor. walaupun demikian kawan-kawan dari Negara Malaysia deket dong untuk sekedar berekreasi ria kesini, kan deket tuh dan terjangkau;)


Pulau Jemur Memiliki pemandangan nan indah. Bak surga yang tersembunyi di tengah hamparan lautan selat malaka.Aksesibilitas menuju Pulau Jemur dapat dikatakan tidak mudah. Pulau ini dapat ditempuh melalui jalur udara dengan menggunakan helikopter. Di Pulau Jemur tersedia helipad yang merupakan landasan untuk landing helikopter seluas 15 m x 25 m. Dan bila perjalanan menuju Pulau Jemur bila kita berangkat dari pekanbaru yang merupakan ibukota Provinsi Riau adalah sekitar 8 jam. Lalu setelah tiba di ibukota Kabupaten Rokan Hilir yakni Bagan Siapi-api, perjalanan dilanjutkan melalui jalur laut yang berjarak tempuh kurang lebih 5 jam menggunakan Kapal boat. Kisaran biaya yang diperlukan disana lumayan buat menguras kantong juga sih, untuk pulang pergi diperkirakan biaya 1,5 juta rupiah. Dan itu belum termasuk makan.Untuk penginapan disana juga tersedia penginapan yang tentnya dengan harga terjangkau. Rp.135.000 untuk satu malam bisa untuk melepas penat seusai berjalan-jalan. Namun dijamin deh bila telah tiba disana semua akan terbayar dengan panorama alam yang memuaskan padangan. Kekayaan hayati yang ditawarkan pulau jemur juga tidak kalah

 Untuk wisata bahari disana gak kalah wow juga loh.banyak. spesies penyu langka yakni penyu hijau yang bertelur dipulau tersebut. juga terdapat spot-spot memancing bagi pecinta olahraga memancing. Karena diPulau Jemur ini juga banyak dijumpai ikan giant trevally.



Untuk kamu yang suka berwisata kuliner, disini juga disediakan makanan berkelas yang pastinya mengundang selera loh, salah satunya telur penyu rebus yang merupakan makanan khas pulau jemur. tapi tenang aja disini telur penyunya legal kok dan halal pastinya. karena jumlah telur penyu yang diambil untuk dikonsumsi dibatasi dan sudah diizinkan oleh pemerintah setempat untuk menjadi makanan dengan syarat ketentuan yang berlaku guna untuk kelestarian penyu hijau pastinya:)

 Pulau kecil nan indah ini juga memiliki wisata sejarah seperti gua Jepang, menara suar peninggalan Belanda, sisa-sisa benteng peninggalan Jepang, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, batu panglima layar, taman laut, dan yang tak kalah indahnya adalah pantai berpasir kuning emas.
Pulau Jemur ini berseblahan dengan Pulau Lanuhan Bilik. Dipulau tersebut memang pemukiman tidak diperkenankan berdiri.Karena dipulau tersebut adalah habitat tempat penyu hijau bertelur dan dikhawatirkan akan mengganggu perkembang biakan spesies yang terancam punah tersebut. .


Bagaimana? tertarikkah anda ingin mengunjungi wisata alam yang sangat menarik perhatian ini? gak perlu jauh-jauh bingung untuk mencari lokasi wisata yang memukau dong untuk berwisata. hanya cukup di Provinsi Riau saja tentunya iya bukan? ayo berkunjung ke Pulau Jemur:-)
'



sumber : 
https://hadiyahhayati.wordpress.com/2013/05/31/jalan2-plus-kerja-ke-pulau-jemur-rokan-hilir/
http://www.kompasriau.com/2016/05/30/objek-wisata-di-pulau-jemur-memiliki-pemandangan-yang-indah/
http://adykenzie.blogspot.co.id/2014/11/objek-wisata-pulau-jemur-surga-di-rohil.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MENGULIK " Sedikit Mengenal Ular berdasarkan tempat"

MENGULIK " dibalik boomingnya lagu Armada - Asal kau bahagia "